brain

Pikiran Bawah Sadar Mengendalikan Hidup Anda

Kita semua tahu bahwa manusia mempunyai satu pikiran dengan dua macam bentuk pikiran yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar mempunyai fungsi mengidentifikasi informasi yang masuk, membandingkan dengan data yang sudah ada dalam memori kita, menganalisa data yang baru masuk tersebut dan memutuskan data baru akan disimpan, dibuang atau diabaikan sementara.

Sementara itu pikiran bawah sadar yang kapasitasnya jauh lebih besar dari pikiran sadar mempunyai fungsi yang jauh lebih komplek. Semua fungsi organ tubuh kita diatur cara kerjanya dari pikiran bawah sadar. Selain itu nilai-nilai yang kita pegang, sistem kepercayaan dan keyakinan terhadap segala sesuatu juga disimpan di sini. Memori jangka panjang kita juga terdapat dalam pikiran bawah sadar.

Bahwa bawah sadar andalah yang sebenarnya mengendalikan hidup anda, Juga Sakit anda derita atau kebiasaan ,sikap prilaku anda yang sekarang ini , Percayakah anda ?

Ternyata dari berbagai penelitian 88 persen yang mengendalikan hidup anda adalah BAWAH SADAR anda ,sisanya adalah pikiran sadar anda ,demikian juga dengan SAKIT anda yang sekarang ini ,ANDALAH yang MENCIPTAKANNYA tanpa anda sendiri menyadarinya !! PERCAYAKAH ANDA ?

Untuk dapat memahami pendapat diatas anda harus mengetahui terlebih dahulu cara kerja PIKIRAN kita terlebih dahulu ,seperti saya sampaikan diatas bahwa 88 persen pikiran bawah sadar andalah yang membentuk anda sekarang ini ! , ya ANDA yang sekarang ini secara keseluruhannya ! , sikap prilaku anda , pandangan hidup anda demikian juga dengan kebahagian, juga KESEHATAN ANDA !! artinya bila anda saat ini sedang menderita sakit …. itu adalah kerja dari bawah sadar anda ,demikian juga sebaliknya bila saat ini anda sehat selalu itu juga akibat dari kerja bawah sadar anda !

Baiklah saya akan jelaskan sedikit mengenai kerja pikiran sadar dan bawah sadar kita. . .
Sebelumnya saya sedikit mengulang bahwa pikiran bawah sadar anda adalah sebanyak 88 persen dan sisanya adalah pikiran sadar anda, jadi bagaimanapun kuatnya pikiran sadar anda akan selalu dapat dikalahkan oleh pikiran bawah sadar anda ! jadi KITA HARUS BERDAMAI DENGAN PIKIRAN BAWAH SADAR KITA .

PIKIRAN SADAR DAN BAWAH SADAR selalu berkomunikasi tanpa kita dapat menyadarinya selalu, kadang kita mengetahui bahwa sedang terjadi komunikasi diantaranya . . . saat kita bertanya pada hati kecil kita, saat kita dalam hening …
Atau dapat anda rasakan sendiri pada saat anda . . . misalnya naik sepeda , pikiran sadar anda memerintahkan anda untuk naik sepeda dan menjalankannya, maka tanpa anda perintah lagi (pikiran sadar ) otomatis kaki , tungkai, lengan dan badan anda secara sangat terkoordinasi menaiki sepeda dan menjalankannya . . . semua ini tidak lain adalah dari hasil kerja bawah sadar anda yang telah tersimpan memori bagaimana cara mengendarai sepeda sebagai hasil latihan anda sejak kecil dulu.

Demikianlah betapa sangat besar peran pikiran bawah sadar dalam mengendalikan hidup anda, demikian juga dalam halnya kesehatan , memori kebiasaan buruk sejak kecillah yang membentuk penyakit yang anda derita saat ini. Bagaimana anda dapat menghilangkannya ? tentu memori tersebut harus diganti dengan memori yang baru yang DAPAT memerintahkan semua ORGAN TUBUH anda berfungsi seperti yang anda inginkan, mendorong anda berperilaku SEHAT.

Ingin contoh nyata ? Baiklah, bayangkan tiba-tiba di depan anda saat ini, pada jarak kurang lebih 3 meter, anda melihat sekelebat bayangan yang mirip seperti bentuk ular. Anda menajamkan pandangan untuk melihat lebih jelas dan ternyata …… memang benar …. itu ular kobra yang tampaknya kelaparan. Tubuhnya yang sebesar paha orang dewasa bergerak lambat namun pasti. Suaranya mendesis membuat bulu kuduk berdiri, pandangan matanya sangat bengis dan gigi taringnya mencuat keluar disertai lidahnya yang menjulur-julur siap menerkam apapun yang bisa membuatnya kenyang. Apa yang akan anda lakukan ?

Yaa …. hampir sebagian besar dari kita akan memutuskan untuk lari. Ooops maaf jika anda wanita, anda akan berteriak dulu, bukan ? Baru setelah itu lari. Mengapa ? Karena sebagian besar dari kita tidak pernah tahu bagaimana menaklukkan kobra. Bahkan seandainya tahupun kita lebih baik lari dan mencari bantuan daripada melawannya bukan ?

Bagaimana jika seandainya anda dari kecil sudah diberitahu bahwa kobra itu mendatangkan rejeki. Orangtua anda mengatakan bahwa rumah yang ditempati sekarang adalah hasil dari berjualan kobra. Apakah anda akan lari jika menemui kobra di depan anda ? Tidak bukan ! Anda pasti berpikir ” wah ini rejeki, tanpa dicari muncul di depan mata ”.

Apa yang membedakan situasi di atas ? Yang membedakan adalah program pikiran yang ada dalam pikiran kita. Program tersebut mengendap dalam bawah sadar dan akan terpicu keluar oleh suatu kejadian tertentu. Ada banyak sekali program di dalam bawah sadar kita. Pernahkah anda memperhatikan program seperti apa yang masuk dalam pikiran kita setiap harinya ?

Pikiran bawah tidak bisa menolak apapun yang anda masukkan melalui kelima panca indera anda. Bahkan hal-hal yang tidak anda perhatikan secara sadar akan terekam dalam pikiran bawah sadar.

Jika anda saat ini sedang mengalami kegelisahan, ketakutan, kecemasan, kegagalan hidup, sakit, musibah dan lain sebagaimana yang menimbulkan negativity pada pikiran dan perasaan anda, dan itu pastinya mempengaruhi perilaku anda, anda bisa mengontrol dan memprogram ulang menjadi energi postif dengan berikan informasi-informasi positif pada alam bawah sadar anda. Seperti halnya pada contoh ‘ular kobra’ di atas.

Cobalah Anda lakukan tahapan proses seperti di bawah ini:

  • Duduk nyaman dan rileks. Pejamkan mata. Kalau anda seorang muslim, saya sarankan sambil memutar ayat-ayat suci Al-Quran dari recitor yang memiliki lantunan yang indah, yang membuat kita rileks ketika mendengarkannya, hati yang damai, dan semua beban pikiran kita terlepas (Al-Quran selalu menjadi obat terbaik untuk segala persoalan hidup).
  • Tarik nafas panjang dan dalam. Rasakan udara segar memasuki seluruh tubuh melalui lubang hidung. Secara perlahan, Anda memasuki kondisi gelombang otak Alpha, masuk ke dalam tempat kedamaian Anda. Nikmati keadaan ini beberapa menit.
  • Ucapkan dalam hati, afirmasi yang sudah Anda buat secara pribadi, sebagai gambaran positif denga waktu saat ini. Ucapkanlah, “perubahan atau cita-cita apa yang anda inginkan saat ini.”
  • Visualisasikan keadaan atau tujuan yang Anda harapkan tersebut dalam layar mental Anda. Bayangkanlah bahwa hal itu benar-benar terjadi. Bayangkan bahwa Anda telah mencapai tujuan yang Anda inginkan, saat ini juga Anda telah meraihnya. Gambarkan dengan jelas, sehingga Anda benar-benar dapat melihat diri Anda sendiri di dalam pikiran Anda.
  • Sambil membayangkannya, tambahkan SUASANA HATI atau perasaan positif yang Anda miliki ketika tujuan itu tercapai. Gunakan JANGKAR EMOSI Anda untuk membangun perasaan atau emosi tersebut. Ambil nafas panjang dan dalam, nikmati perasaan itu, nikmati gambaran visualisasi dan perasaan hati yang menyertai suasana tersebut.
  • Setelah itu hitunglah secara perlahan dari 5, 4, 3, 2, 1 … sambil menarik nafas panjang dan dalam, untuk setiap hitungan.
  • Bukalah mata Anda. Jika proses itu terjadi kurang dari 20 menit, ulangi proses tersebut sebanyak beberapa kali, sampai mencapai sekitar 20 menit setiap prosesnya.

Sebaiknya Anda jangan terlalu cepat berharap sudah ada tanda-tanda perubahan, setelah Anda melakukan proses di atas hanya beberapa kali. Seperti halnya benih yang kita tanam, memerlukan waktu untuk bertunas dan tumbuh menjadi pohon besar dan rindang. Demikian pula benih yang kita tanamkan ke dalam pikiran bawah sadar kita, memerlukan proses dan waktu yang cukup untuk tumbuh mewujud menjadi realitas baru, sesuai yang kita harapkan. Lakukan saja terus dengan keyakian dan pengharapan secara ikhlas. Kita ibarat menanam pohon yang tidak mungkin tumbuh besar hanya dalam semalam.

Source: Dikutip dari berbagai sumber.

Berikan Opini:

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s